PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI MATEMATIKA SMP
Keywords:
Media Pembelajaran, Sparkol VideoscribeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe di SMP Negeri 3 Idanogawo dan untuk mengetahui bagaimana respon guru serta siswa - siswi. Sparkol Videoscribe merupakan perangkat lunak berpapan putih yang digunakan dalam mendesain sebuah animasi yang mampu digunakan dalam pembelajaran dan berupa gambar, suara, serta desain yang seolah – olah sedang menulis maupun menggambar. Sehingga, siswa - siswi mampu menikmati proses pembelajaran dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (R&D) dan langkah – langkah metode 4D meliputi V tahapan yaitu Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan dan Penyebarluasan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan, subjek yang terlibat dalam penelitian terdiri dari ahli (ahli materi dan ahli media) dan pendidik serta siswa – siswi yang berjumlah 25 orang. Dalam penelitian tersebut, penggunaan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe pada kelas VIII memberikan respon positif terhadap pembelajaran didalam kelas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe sangat layak dan efektif digunakan sebagai bahan ajar untuk membantu peserta didik dalam proses pembelajaran matematika.Downloads
Published
2023-02-01
How to Cite
Lase, S., & Hulu, B. A. A. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI MATEMATIKA SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1–9. Retrieved from https://ojs.unias.ac.id/index.php/dikmatas/article/view/108
Issue
Section
Articles