EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA RUMAH ADAT NIAS SELATAN PADA MATERI BANGUN RUANG

Authors

  • Yulisman Zega Universitas Nias

Keywords:

Etnomatematika, Rumah Adat, Bangun Ruang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi matematika dengan konsep budaya daerah. Konsep etnomatematika memberikan kontribusi yang besar terhadap peningkatan pembelajaran matematika, karena mengaitkan dengan pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari yang menyentuh ranah seni budaya daerah setempat sehingga siswa menjadi lebih memahami konsep matematika yang dijelaskan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi yang bertujuan menyelidiki dan mendapatkan deskripsi serta analisis mendalam tentang suatu kelompok kebudayaan berdasarkan penelitian lapangan (fieldwork) dalam periode waktu tertentu secara intensif. Etnomatematika diharapakan dapat menyelaraskan budaya dan pembelajaran matematika di sekolah. Pembelajaran dengan metode seperti ini membuat siswa memperoleh pengalaman dan pengetahuan baru dalam materi matematika serta membuat mereka semakin mencintai budayanya. Dalam rangka mengakomodasi peran Etnomatematika dalam pembelajaran, guru matematika perlu menempatkan diri sebagai fasilitator dan siswa sebagai mitra sehingga siswa aktif dalam berbagi informasi, bukan penerima pasif dari penyajian informasi

Downloads

Published

2023-02-04

How to Cite

Zega, Y. (2023). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA RUMAH ADAT NIAS SELATAN PADA MATERI BANGUN RUANG. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 30–36. Retrieved from https://ojs.unias.ac.id/index.php/dikmatas/article/view/114

Issue

Section

Articles