Penerapan model pembelajaran scramble dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Sistem Perekonomian Kelas VIII di SMP Negeri 4 Botomuzoi Tahun Pelajaran 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.56207/lauru.v1i2.324Keywords:
hasil belajar siswa, Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu, model pembelajaran scramble, penelitian tindakan kelas, SMP Negeri 4 BotomuzoiAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran scramble pada mata pelajaran IPS Terpadu. Selain itu, penelitian ini juga dimaksud menilai peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model scramble. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, terdiri dari lembar observasi guru dan lembar observasi siswa, tes hasil belajar, dokumentasi/ foto. Dengan menerapkan Model Pembelajaran Scramble Berdasarkan hasil data, diperoleh rata-rata hasil lembar observasi untuk guru pada Siklus I sebesar 70,83%, dan pada Siklus II mengalami peningkatan menjadi 89,16%. Sedangkan hasil analisis pada lembar observasi untuk aktifitas siswa pada Siklus I sebesar 42,35%, meningkat pada Siklus II menjadi 87,49%. Dengan demikian Pembelajaran Scramble dapat diterapkan pada mata pelajaran IPS Terpadu. Rata-rata hasil belajar siswa pada Siklus I adalah 74,11, dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 58,33%, berada pada interval lemah dan cukup. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada Siklus II meningkat menjadi 88,04, dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 91,66%, berada pada interval kuat dan sangat kuat. Dengan demikian maka peneliti menyimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII dengan penerapan model pembelajaran Scramble Di SMP Negeri 4 Botomuzoi Tahun Pelajaran 2017/2018.
References
Alwi, Hasan. (2005). Kamus Besar Bahas Indonesia, Balai Pustaka.
Anita. (2004). Model-Model Pembelajaran Dalam Tugas Profesional Guru. Pustaka Pelajar.
Arikunto. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Bumi Aksara
Azwar. (1998). Pengantar Statistika. Bumi Aksara.
Basuki. (2006). Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung Pustaka Setia.
Belandina, Febri. (2007). Penerapan model pembelajaran Scramble untuk meningkatakan hasil belajar siswa kelas VII-A pada mata pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri Madyopuro 4 Kecamatan Kendungkandang Kota Malang tahun pelajaran 2006/2007.
Damayanti, Hesti. (2010). Model Pembelajaran Kooperatif – Inovatif. Bumi Aksara.
Daryanto. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Rineka Cipta.
Dimyati. (2001). Belajar Dan Pembelajaran. Rineka Cipta
Dimyati. (2006). Belajar Dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Hasan. (2009). Didaktik Azas-Azas Mengajar. Jammers.
Isjoni, H. (2009). Pembelajaran Kooperatif. Pustaka Belajar.
Lufri. (2007). Pengantar Evaluasi Hasil Belajar. Gava Media.
Karli. (2007). Belajar Dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.
Khanifatul. (2012). Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.
Komalasari. (2010). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Rineka Cipta.
Muhammad, Nurdin. (2011). Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Bumi Aksara.
Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta.
Raharjo, Muljono. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Balai Pustaka.
Riduwan. (2008). Belajar Mudah Penelitian. Alfabeta.
Sabri. (2005). Penilaian Pencapaian Hasil Belajar. Dirjen Dikti.
Sanjaya, Wina. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Kencana.
Satori, Komariah. (2009). Penelitian Ilmiah. Pustaka Pelajar.
Sagala. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Insan Madani.
Slameto. (2010). Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif. Bumi Aksara.
Sudjana. (2002). Pengantar Evaluasi Hasil Belajar. Kencana.
Sumitro. (2007). Belajar dan Faktor-Faktor Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Suprijono. (2009). Pembelajaran Kooperatif. Pustaka Belajar.
Suyatno, 2009, Model Pembelajaran Inovatif, Universitas Terbuka, Jakarta.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Beroientasi Kontruktivistik Konsep: Landasan Teoritis-Praktis dan Implentasinya. Prestasi Publisher.
Waluyo. (2003). Penilaian Pencapaian Hasil. Dirjen Dikti.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Feberisman Lase
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LAURU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi memiliki CC BY-SA 4.0 atau lisensi yang setara sebagai lisensi optimal untuk publikasi, distribusi, penggunaan, dan penggunaan kembali karya ilmiah.