Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inquiry Kelas X SMA Negeri 2 Gunungsitoli

Authors

  • Noveri Amal Jaya Harefa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Nias
  • Bertin Ayuning Putri Gea Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.56207/taehao.v3i2.245

Keywords:

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Inquiry

Abstract

The problem with the learning process at SMA Negeri 2 Gunungsitoli is the lack of variation in the worksheets used so that students are less responsive and less motivated. This type of research is development research using the 4D model which consists of 4 stages, namely the definition stage, the design stage, the development stage, and the deployment stage. The results of this study are Inquiry-based Indonesian worksheets on material analyzing the meaning and language of biographical texts. Material expert assessment of revision I reached 78.7%, revision II reached 82.2%, linguist revision I reached 71.4%, revision II reached 82.1%, design expert revision I reached 78.3%, revision II reached 88.3% with very decent criteria. Based on the assessment of 86% individual trials, 90% small group trials and 93.8% field trials with very practical criteria. Assessment of student learning outcomes tests obtained a percentage of classical completeness in 100% individual trials, 100% small group trials and 83% field trials with very effective categories.

References

Aisyah.,dkk. 2020. Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia..Vol. 2.No. 1.Hal. 63. STKIP Muhammadiyah Bogor.

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Surabaya: Kharisma Putra Utama.

Dalman.2013.Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.

Diani, dkk.2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menulis Cerpen Berbasis Aplikasi Android).Vol. 7, No. 2.Hal. 3. ISSN 2302-6405. BASASTRA.

Gitriani, dkk.2018. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Lingkaran untuk Siswa SMP.Vol. 3.No. 2.Hal.45. Jurnal Review Pembelajaran Matematika.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Iskandarwassid & Dadang. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jayanti, dkk. 2015. Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Cerita Biografi Bermuatan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Bagi Peserta Didik Kelas VII SMP. Vol. 4.No. 2.Hal. 67. ISSN 2301-6744. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Kosasih.2020. Pengembangan Bahan Ajar.Jakarta: Bumi Aksara.

Kurniasih dan Sani.2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.

Kemendikbud.2017. Buku Guru Bahasa Indonesia.Jakarta: Pusat Kurikulum Perbukuan, Balitbang.

Latifah, dkk. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-nilai Agama Islam Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Kalor. Vol. 5.No. 1.Hal.45. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi.

Margayu, dkk.2020. Pengembangan LKPD berbasis Inkuiri pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup.Vol. 6. N. 2. ISSN 2580-0922. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi.

Mukti, dkk. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Sint Carolus Kota Bengkulu..Vol. 1.No. 3.Hal.57dan 59.ISSN 2655-1403.FKIP-UNIB.

Muqodas, dkk. 2015. Desain dan Pembuatan Bahan Ajar Berdasarkan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Sistem dan Instalasi Refrigerasi. Volume 2.Nomor 1.Hal.108. Universitas Pendidikan Indonesia.

Nareswari, dkk.2021. Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual.Vol. 26.No. 2.Hal. 208. ISSN 2685-9033. Universitas Pendidikan Ganesha.

Ningsih, dkk. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Majalah dengan Model Hannafin and Peck pada Mata Pelajaran IPA di SDN 5 Kampung Baru Singaraja. Vol. 6.No. 2.Hal.287. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha.

Noor, Abdullah Yamani., dkk. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multiple Representasi pada Materi Hukum Dasar Kimia Kelas X IPA SMA Negeri 1 Sungai Raya.Vol. 7.No. 1.Hal. 42. Jurnal Ilmiah.

Harefa, Noveri Amal Jaya & Bertikaria Laoli.2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Bahasa Indonesia Berbasis Saintifik.Vol. 5.No.2. Hal. 982. Jurnal Edumaspul.

Harefa, N. A. J., & Hayati, E. (2021). Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan Teknologi Informasi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. Diambil dari http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8800

Harefa, N. A. J., & Laoli, F. F. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Bahasa Indonesia Kelas Viii Smp Berbasis Cooperative Learning Pada Materi Menulis Teks Persuasi. Jurnal Ilmiah DIDAKTIK IKIP Gunungsitoli, 15(2), 2597–2606. Diambil dari https://repository.unja.ac.id/19102/1/A1C216050_HATRI DWIMARDIANTI %281%29.pdf

Novianti, Desti Ayu. 2015. Pengembangan Modul Akuntansi Aset Tetap Berbasis Pendekatan Saintifik sebagai Pendukung Implementasi K-13 di SMKN 2 Buduran.Vol.3.No.1.Hal. 4. Jurnal Pendidikan.

Nugroho, dkk. 2012. Pembelajaran IPA dengan Metode Inkuiri Terbimbing Menggunakan Laboratorium dan Virtual Ditinjau dari Kemampuan Memori dan Gaya Belajar Siswa. Vol.1.No. 3.Hal. 237. ISSN 2252-7893. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Nurhadi. 2016. Teknik Membaca. Jakarta: Bumi Aksara.

Patiung. 2016. Membaca sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Vol. 5.No. 2.Hal. 362-363. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makasar.

Pawestri dan Zulfiati. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran. Vol. 6.No. 3.Hal.904-905. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Prastowo. 2016. Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Risa & Wahyu. 2020. Metode Penelitian R&D (Research and Development). Malang: Literasi Nusantara.

Saleh.2014. Pentingnya Membaca dan Menggunakan Perpustakaan dalam Mengubah Kehidupan Manusia.Vol. 13.No. 1. Hal.26. UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin.

Setiarini dan Artini. 2017. Bahasa Indonesia. Bogor: Yudhistira.

Sipayung, Tetty Natalia dan Sinta Dameria Simanjuntak.2018.Efektivitas Pembelajaran dengan Menggunakan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) Matematika Kelas X SMA Berbasis Variasi Model Pembelajaran Kooperatif.Vol. 11.No. 1.Hal. 162. JPPM.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Telaumbanua, A., Amal, N., & Harefa, J. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran dalam Bentuk Komik pada Materi Menelaah Struktur dan Kebahasaan Fabel. Ta’ehao Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 0000(1), 142–152.

Winanto dan Makahube.2016. Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Negeri Kutowinangun 11 Kota Salatiga.Vol.6.No. 2.Hal. 124-125. FKIP-UKSW.

Yustinah.2018. Produktif Berbahasa Indonesia.Jakarta: Penerbit Erlangga.

Zunaidah, Farida Nurlaila dan Mohamad Amin. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan dan Karakter Mahasiswa. Vol. 2.No. 1.Hal.22. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia.

Downloads

Published

2023-08-07