Pengembangan Media Pembelajaran E-Handout Terhadapat Efektifitas Pembelajaran Memahami Teks Negosiasi di Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.56207/taehao.v3i2.247Keywords:
Bahan Ajar, E-Handout, Teks Negosiasi, ADDIEAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran e-handout terhadap efektifitas pembelajaran menelaah teks negosiasi di Sekolah Menengah Pertama. Media pembelajaran pada penelitian ini menggunakan model desain ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Developmetn (R & D). Data diperoleh melalui angket (validasi ahli desain, validasi ahli materi, validasi ahli bahasa, angket efektifitas), dokumen dan tes. Analisis data sebagai dasar untuk mengembangkan media interaktif dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Validasi ahli desain menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan menunjukkan 85.00% terkategorikan valid, (2) Validasi ahli materi menunjukkan 90.00% terkategorikan sangat valid, (3) Validasi ahli Bahasa 85% dengan kategori sangat valid dan rata-rata efektifitas belajar siswa dalam memahami teks negosiasi diperoleh 89.00% terkategorikan sangat efektif. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran pengembangan media pembelajaran e-handout kepada siswa kelas X SMA Negeri 1 Afulu telah memenuhi syarat, layak dan sangat efektif untuk digunakan.
References
Anggara, B. A., Warpala, I. W. S., & Julyasih, K. S. M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Handout Untuk Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Tegaldlimo Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 9(2), 140–149. https://doi.org/10.23887/jjpb.v9i2.46467
Amal, N., Harefa, J., & Zai, D. (2023). TA’EHAO Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Peningkatan Kemampuan Menentukan Unsur Intrinsik Cerita Pendek Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. 0000.
Harefa, N. A. J., & Hayati, E. (2021). Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan Teknologi Informasi. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8800
Laoli, M. S., Zebua, J. N., Hulu, N. P., & Waruwu, L. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Handout Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. 06(01), 4411–4417.
Waruwu, L., & Supriyoko. (2018). Pengembangan Instrumen Pengukuran Kedisiplinan Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Kalasan Sleman Yogyakarta. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, V(4), 90–96.
Waruwu, L., & Zega, I. (2022). Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Paragraf Ekspositoris dengan Menggunakan Strategi Active Knowledge Sharing di Kelas XI SMK Negeri 1 Afulu. Jurnal IImiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 1–8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lestari Waruwu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.