Peran G20 dalam Mendukung Pemulihan Sektor Pendidikan Pasca Covid-19

Penulis

  • Marinus Gea Universitas Mersu Buana

Kata Kunci:

Covid-19, g20, pemulihan pendidikan, pendidikan untuk semua

Abstrak

COVID-19 telah menyebabkan gangguan pendidikan terbesar dalam sejarah dan mengungkap skala di mana sistem pendidikan tidak siap menghadapi krisis. Penutupan sekolah di seluruh negeri adalah respons kebijakan yang hampir universal yang dianggap perlu pada fase pertama. Namun, COVID-19 memiliki efek negatif yang serius dan memperdalam ketidakadilan. Negara-negara G20 menghadapi tantangan ganda. Mereka harus menanggapi di dalam negeri, dan beberapa negara yang bergabung di dalam Komite Bantuan Pembangunan Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (DAC OECD). Laporan singkat T20 merekomendasikan perencanaan pendidikan yang peka terhadap krisis dengan fokus kesetaraan yang kuat untuk memastikan kesinambungan pendidikan, yang didasarkan pada langkah-langkah kesehatan yang komprehensif. Ini menyarankan tindakan bagi negara-negara G20 dan donor untuk membangun kembali dan mendukung sistem pendidikan yang tangguh, bergerak dari respons pertama ke pemulihan.

Referensi

Andersen, S., Leon, G., Patel, D., Lee, C., & Simanton, E. (2022). The Impact of COVID-19 on Academic Performance and Personal Experience Among First-Year Medical Students. Medical Science Educator, 32(2), 389–397. https://doi.org/10.1007/s40670-022-01537-6

Kemdikbud. (2021). Penjelasan Mendikbud Terkait 3 Aspek Asesmen Nasional Pengganti UN 2021. Pusat Asesmen Pendidikan. https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/konten/penjelasan-mendikbud-terkait-3-aspek-asesmen-nasional-pengganti-un-2021

Lase, D., Zega, T. G. C., Daeli, D. O., & Zaluchu, S. E. (2022). Parents’ perceptions of distance learning during COVID-19 in rural Indonesia. Journal of Education and Learning (EduLearn), 16(1), 103–113. https://doi.org/10.11591/edulearn.v16i1.20122

Romanti. (2022, March 24). 4 Agenda Prioritas DalamPertemuan Perdana G20 EdWG. Itjen Kemendikbudristek. https://itjen.kemdikbud.go.id/webnew/2022/03/24/4-agenda-prioritas-dalampertemuan-perdana-g20-edwg/

Salinatri. (2022, May 19). Jadi Dasar Agenda Prioritas Bidang Pendidikan G20, Mendikbudristek Jelaskan Transformasi Pendidikan Indonesia Melalui Merdeka Belajar. G20 Indonesia 2022. https://g20.org/id/jadi-dasar-agenda-prioritas-bidang-pendidikan-g20-mendikbudristek-jelaskan-transformasi-pendidikan-indonesia-melalui-merdeka-belajar/

UNESCO. (2022). Futures of Education Briefing Notes.

Whitley, J., Beauchamp, M. H., & Brown, C. (2021). The impact of COVID-19 on the learning and achievement of vulnerable Canadian children and youth. FACETS, 6, 1693–1713. https://doi.org/10.1139/facets-2021-0096

Yoshida, K., Hirosato, Y., & Tanaka, S. (2018). FUTURE OF WORK AND EDUCATION FOR THE DIGITAL AGE Transforming education financing for inclusive, equitable and quality learning outcomes for the 2030/SDG4 Agenda. www.t20argentina.org

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-18