Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pemulihan Efektivitas Belajar Siswa Akibat Dampak Covid 19 di SMK Negeri 1 Afulu Tahun Pelajaran 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.56207/kauko.v1i1.121Keywords:
Peran Guru, Pendidikan Kewarganegaraan, Efektivitas BeajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru PKn Dalam Pemulihan Efektivitas Belajar Siswa Akibat Dampak Covid 19, untuk mengetahui kendala Guru PKn Dalam Pemulihan Efektifitas Belajar Siswa Akibat Dampak Covid 19 di SMK Negeri 1 Afulu Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rekaman dengan menggunakan handphone, foto-foto sebagai bukti nyata, kemudian buku catatan yang berfungsi untuk mencatat semua percakapan dengan informan. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PKn dalam pemulihan efektivitas belajar siswa akibat dampak Covid-19 adalah memberikan bimbingan dan melakukan pendampingan terhadap siswa yang dilaksanakan diawal pembelajaran dan pada saat berlangsungnya proses pembelajaran, pengelolaan kelas yang kondusif sehingga siswa dapat belajar dengan baik, memfasilitasi dan menyediakan media pembelajaran untuk menunjang kegiatan belajar mengajar agar lebih efektif dan mudah dipahami oleh siswa, dan melakukan evaluasi pada hasil belajar siswa. Kendala Guru PKn dalam Pemulihan efektivitas belajar siswa akibat dampak Covid-19 yaitu terletak pada proses pembelajaran yang dilakukan secara daring dimana siswa sudah mulai cenderung suka belajar dirumah menggunakan gadget atau komputer tanpa harus datang ke sekolah. Hal ini menjadi salah satu kendala bagi guru karena minat belajar siswa secara tatap muka berkurang. Akibat dari kurangnya interaksi secara langsung antara siswa dan guru selama pandemi Covid-19 maka kebanyakan guru kewalahan dalam mengarahkan dan membimbing peserta didik.