Pengaruh Penggunaan Internet Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas VIII SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat

Authors

  • Ikhtiari Sriwahyuni Nazara Universitas Nias
  • Berkat Persada Lase Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.56207/kauko.v1i1.118

Keywords:

Internet, Media Pembelajaran, Kreativitas Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengamatan peneliti pada proses pembelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat, dimana masih kurangnya penggunaan internet dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang pengaruh penggunaan internet sebagai media pembelajaran terhadap kreativitas belajar siswa, untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan internet sebagai media pembelajaran terhadap kreativitas belajar siswa, dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan internet sebagai media pembelajaran terhadap kreativitas belajar siswa di SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat dan jumlah populasi siswa kelas VIII sebanyak 25 orang siswa. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah angket variabel (X) tentang internet sebagai media pembelajaran sebanyak 10 item soal dan variabel (Y) tentang kreativitas belajar sebanyak 10 item soal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, secara spesifik diperoleh hasilya uji validitas variabel (X) mendapatkan hasil rhitung (0,858) > rtabel(0,396) hasilnya valid dan variabel (Y) mendapatkan hasil rhitung (0,780) > rtabel (0,396) hasilnya valid, berdasarkan uji reliabilitas variabel (X) mendapatkan hasil rhitung (0,944) > rtabel (0,396) hasilnya reliable dan variabel (Y) mendapatkan hasil rhitung (0,927) > rtabel (0,396) hasilnya reliable, berdasarkan hasil uji koefisien determinasi maka diperoleh rhitung = 0,880 > rtabel = 0,396 dikategorikan tergolong sangat tinggi. Hasil pengujian hipotesis atau uji t diketahui bahwa nilai dk = n – 2 (25 – 2 = 23) dengan taraf kepercayaan 0,05% yaitu thitung (8,882) > rtabel (1,714), maka sesuai dengan perumusan hipotesis ditarik kesimpulan bahwa Ha diterimayaitu : “Ada Pengaruh Yang Signifikan Penggunaan Internet sebagai Media Pembelajaran terhadap Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas VIII SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat TahunPelajaran 2021/2022.

Downloads

Published

2023-01-31